Jumat, 19 Februari 2010

analisa tugas imk

1. User Compatibility
Tampilan awal dari suatu web sangat mempengaruhi keunikan dan mood user yang ingin berkunjung ke web ini. User berharap untuk memperoleh informasi yang diinginkan apabila berkunjung ke suatu halaman Web. Dengan mengetahui siapa saja user yang kira-kira akan membuka web, tampilan web ini sesuai dengan tipikal user. Karena user mungkin berbeda-beda, maka kata-kata yang digunakan ringkas agar setiap user dapat menggunakannya. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang gaul yang mudah untuk di cerna oleh anak muda ataupun remaja.

2. Product Compatibility
Kompatibilitas situs ini dirasa sudah snagat cukup, karna tidak membutuhkan penginstalan flash player dan sebagainya. Namun hanya menampilkan photo atau gambar yang menarik.

3. Task Compatibility
Dalam situs ini, terdapat tombol yang bertuliskan “email tulisan ini”. Tulisan tersebut langsung melakukan link ke Office Outlook. Situs ini memenuhi prinsip ini.

4. Work Flow Compatibility
Pada situs ini, adanya bagian link yang menyediakan link berisi informasi sesuai dengan fungsionalitasnya. Sehingga dengan bahasa yang mudah, link tersebut dapat langsung dipahami oleh orang awam. Situs ini memenuhi prinsip ini.

5. Consistency
Web ini konsisten, karena jika kita melakukan aksi pada task tertentu dalam tampilan, kita akan melakukan prilaku yang sama. Pemberian warna background untuk tiap halaman juga selalu sama, navigasi bar pada atas layout dan bawah layout juga selalu sama untuk tiap tampilan dalam web.

6. Familiarity
Situs ini termasuk situs yang tidak begitu familiar. Karena bahasa yang digunnakan dalam situs ini agak susah dimengerti. Karena bahasanya tidak umum dan hanya popular di kalangan anak muda. Tapi untuk jenis font yang digunakan sudah umum. Dan tata letak menu dalam web ini sama seperti web-web lain.

7. Simplicity
Web ini cukup sederhana. Tampilan web yang digunakan tidak terlalu rumit. Sehingga pemakai bisa menggunakan web ini dengan mudah.

8. Direct Manipulation
Prinsip ini sudah terpenuhi. Karena manipulasi dalam web ini bisa dilakukan. Seperti klik kanan, scrool, dll.

9. Control
Dalam web ini user memegang control penuh. Jadi control web ini dipegang penuh oleh user.
10. WYSIWYG
Web ini memenuhi WYSIWYG karena antara menu dengan halaman yang disajikan setelah memilih menu yang ada sesuai. Misalnya memilih “siapa sich radit?” maka yang akan tampil adalah halaman yang berisi biodata radit.

11. Flexibility
Situs ini tidak terlalu flexibel, tetapi rasanya wajar untuk suatu situs hanya menggunakan 2 tool yaitu keyboard dan mouse.

12. RESPONSIVENESS
Situs ini memberi respon yang baik pada user, karena web tersebut tidak memberikan waktu tunggu yang lama untuk usernya. Sehingga user tidak merasa bosan pada saat mengakses web tersebut.

13. Invisible Technology
Situs ini memenuhi prinsip ini, karena sudah cukup meminimalkan detil teknis yang dilakukan pada sistem. Ada tulisan pada pentransferan data berupa ukuran dalam byte dan sebagainya, tetapi ditampilkan sangat cepat pada saat loading page.

14. Robustness
Misalnya untuk mengakses forum, user harus memberi username dan password, username dan password tidak boleh sama antar user, jika sama situs akan menampilkan pesan error, dan langsung mengembalikannya seperti semula. Ada juga tulisan login atau register bagi yang belum memiliki ID. Ada juga logout untuk keluar dari forum. Prinsip ini cukup terpenuhi.
15. Protection
Web tersebut termasuk kedalam web static, sehingga web tersebut tidak terlalu mementingkan keamanan systemnya.

16. Easy of Learning
User interfacenya memungkinkan user yang baru pertama kali menggunakan situs ini segera bisa mengakses informasi yang ada pada tampilan dengan handal, tanpa perlunya ada pelajaran khusus.

17. Easy of Use
Situsnya mudah digunakan, dengan adanya petunjuk seperti enter dan petunjuk lainnya, jika user ingin melakukan suatu aksi. Selain itu situs ini juga mudah digunakan karena letak dari menu-menu yang ada mengikuti konsep umum webpage.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SITUS
 KEKURANGAN
• Web ini termasuk web statik, sehingga untuk tampilan akan terkesan sedikit kaku.
• Bahasa yang digunakan umumnya menggunakan bahasa gaul sehingga mungkin untuk sebagian kalangan akan sedikit membingungkan.
• Label yang digunakan pada menu sedikit berbeda dari label pada web-web lain pada umumnya.

 KELEBIHAN
• Karena termasuk web statis, maka waktu yang diperlukan untuk loading umumnya lumayan cepat.
• Sederhana, tidak rumit
• Sangat sedikit iklan pada situs
• Menu-menu yang digunakan mudah ditemukan.

SOLUSI
 Sebaiknya menggunakan teknologi web dinamis dan bukan statis.
 Bahasa yang digunakan sebaiknya menggunakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti oleh semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar